Pada MS Excel, hal yang biasa kita lakukan untuk memasukkan data adalah dengan secara langsung mengetik atau menuliskan data pada sel. Data data tersebut dapat berupa tulisan kata dan kalimat ataupun data yang berupa angka-angka. Data-data dalam Ms Excel kebanyakan berupa data dalam
bentuk tabel, sehingga dalam memasukkan data dapat dilakukan secara berurutan kebawah maupun kesamping. Dalam hal ini anda dapat mengatur pergerakan sel
bentuk tabel, sehingga dalam memasukkan data dapat dilakukan secara berurutan kebawah maupun kesamping. Dalam hal ini anda dapat mengatur pergerakan sel
ketika tombol enter ditekan, yaitu kebawah atau kesamping. Lebih lengkapnya dapat dibuka pada halaman ini.
Selain memasukkan data secara langsung dengan mengetikkan data pada sel, ada cara lain memasukkan data di Ms Excel yaitu dengan menggunakan fasilitas Form. Untuk lebih jelasnya ikuti saja langkah-langkah dibawah ini.
Terlebih dahulu anda harus memunculkan fasilitas form di quick access toolbar.
Klik kanan pada ribbon kemudian pilih Customize Quick access Toolbar.
Pada pilihan Choose command from pilih All commands
Pada pilihan dibawahnya scroll kebawah dan pilih Form kemudian klik add untuk menempatkan Form di Quick Access toolbar.
Klik OK. Maka Form telah berada di Quick access toolbar.
Untuk menggunakan fasilitas form, dapat dilakukan sebagai berikut :
Buatlah tabel di MS Excel kemudian blok kepala tabel, atau pilih sel di kepala tabel tersebut.
Klik Form yang ada di quick access toolbar, Jika muncul peringatan klik saja OK, maka akan tampil form pengisian data sesuai dengan isi kepala kolom tersebut.
Masukkan data pada kotak yang ada. Anda dapat menggunakan tombol Tab untuk berpindah ke kotak isian berikutnya.
Untuk memasukkan data selanjutnya klik tombol New maka data yang telah ditulis akan masuk kedalam tabel yang telah anda buat.
Jika data sudah selesai dimasukkan silahkan tutup form dengan klik Close.
0 comments:
Post a Comment